Monday 28 January 2013

CINTA DI TEPI GAZA




Judul: CINTA DI TEPI GAZA (Novel)
Penulis: Mahmud Jauhari Ali
Tebal: 224 hlm
Terbit: Januari, 2013
Penerbit: Araska, Yogyakarta
ISBN: 978-602-7733-91-6
Harga: @Rp 30 rb (Harga tidak seragam di semua wilayah)

TERSEDIA DI TOKO BUKU GRAMEDIA, TOGA MAS, DAN TOKO BUKU GUNUNG AGUNG SELURUH INDONESIA

Sinopsis:

Fida Qafishah terlahir sebagai anak  petani di Khuza’a, Khan Yunis, Gaza Selatan. Sejak kecil dirinya telah mengalami hidup sengsara di bawah tekanan Negara Israel. Ingatannya atas penghancuran pohon-pohon zaitun, ladang gandum, peternakan lebah, kebun sayur, dan penghancuran rumahnya yang sangat tidak manusiawi begitu melekat kuat di otaknya. Sejak itulah dia bertekad akan melawan Bangsa Zionis yang benar-benar kejam. Bermodal semangat, kegigihan, kecerdasannya, dan sokongan ibunya, dia berhasil menamatkan pendidikan sekolah menengah atasnya di Gaza City.
Namun di usianya yang ke-19 tahun dia dijebloskan di Penjara Hasharon Israel. Berbagai kazaliman pun dialaminya selama berada di sana. Mulai dari pemeriksaan awal yang mengharuskannya menanggalkan seluruh pakaian yang melekat di tubuhnya, dimasukkan ke ruangan yang tak layak untuk manusia, hingga perenggutan kehormatannya. Karena hal terakhir itulah, dia hamil dalam penjara. Kepedihan teramat sangat membuatnya hampir mengakhiri hidupnya di sana. Untunglah ada teman seselnya yang selalu memberinya semangat hidup hingga keputusasaannya perlahan hilang. 
Tapi, penderitaannya belumlah berakhir. Menjelang kelahiran anaknya, dia mendapatkan kesulitan saat melewati pos pemeriksaan Israel. Sehingga, anaknya tak bisa diselamatkan nyawanya. Selain itu, pria yang dia dicintai menjauhinya lantaran dirinya sudah tak suci lagi. Meski begitu, dia tetap gigih melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Gaza. Dia juga menggabungkan diri sebagai sukarelawan di Bulan Sabit Merah Palestina. Hingga suatu waktu dia bertemu kembali dengan pria yang merenggut kehormatannya. Tetapi pria itu sudah berubah. Yang terpancar adalah kelembutan, kehangatan, dan pesona keterpelajaran pria itu di dunia kedokteran. 
Nah, bagaimanakah cerita selanjutnya? Novel ini tidak hanya menyuguhkan cerita tentang perjalanan cinta manusia dengan bahasa yang apik, tetapi juga mengungkapkan sisi kehidupan wanita Palestina yang kadang terpinggirkan dari sorotan dunia internasional. Selamat membaca! Semoga bermanfaat.  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home